Mencairnya Gletser Singkap Gua Penampungan Perang Dunia dan Artefaknya

By Utomo Priyambodo, Kamis, 6 Mei 2021 | 14:00 WIB
Artefak lentera yang ditemukan di dalam gua di Gunung Scorluzzo. (White War Museum)

Nationalgeographic.co.id—Mencairnya sebuah gletser di Italia utara telah menyingkap keberadaan gua yang sempat jadi tempat penampungan tentara-tentara Perang Dunia I. Para peneliti kemudian menemukan harta karun artefak-artefak Perang Dunia I di gua penampungan tersebut berkat pencairan gletser.

Selama perang, gua itu diketahui sempat menampung 20 tentara Austria yang ditempatkan di Gunung Scorluzzo di bagian depan Alpine. Menurut sejarawan Stefano Morosini, gua ini terletak dekat Stelvio Pass yang terkenal.

Selama ini orang-orang sudah tahu bahwa tempat persembunyian tentara itu ada. Namun, para peneliti hanya bisa memasukinya pada 2017 saat gletser di sekitarnya telah mencair, ujar Morosini yang merupakan koordinator ilmiah proyek warisan sejarah (heritage project) di Taman Nasional Stelvio (Stelvio National Park) dan mengajar di University of Bergamo.

Di dalam gua itu para peneliti menemukan banyak barang. Beberapa di antaranya adalah makanan, piring, dan jaket yang terbuat dari kulit binatang, rinci Morosini.

Baca Juga: Naskah Kuno Alkitab dan Mumi Anak Kecil Ditemukan di Gua Horor Israel

Gua penampungan para tentara Austria pada masa Perang Dunia I di Italia. Baru bisa dimasuki para peneliti setelah es di dalamnya mencair. (White War Museum)