Sains Terbaru, Robot Ini Bisa Berenang dengan Efisien Mirip Satwa Laut

By Utomo Priyambodo, Jumat, 7 Mei 2021 | 08:00 WIB
Sains terbaru, robot bawah air baru ini dapat berenang secepat dan seefisien cumi-cumi dan ubur-ubur yang menginspirasi pembuatan desainnya. (University of Southampton)

 

Nationalgeographic.co.id—Para ilmuwan teknologi dari University of Southampton dan University of Edinburgh di Inggris telah mengembangkan robot bawah air yang berbentuk fleksibel. Robot ini dapat mendorong dirinya sendiri mengarungi air dengan gaya yang sama seperti perenang alam yang paling efisien, yakni ubur-ubur Aurelia aurita.

Laporan sains terbaru atas pembuatan robot ini telah dipublikasikan di jurnal Science Robotics dengan judul makalah "A resonant squid-inspired robot unlocks biological propulsive efficiency". Laporan tersebut menunjukkan bahwa robot bawah air baru ini dapat berenang secepat dan seefisien cumi-cumi dan ubur-ubur yang menginspirasi pembuatan desainnya. Dengan desain yang ringan dan bagian eksterior yang lunak, robot ini juga berpotensi membuka kemungkinan cara baru untuk penjelajahan bawah air.

Dr Francesco Giorgio-Serchi, dosen dari School of Engineering di University of Edinburgh yang menjadi salah satu penulis dalam laporan studi ini, mengatakan, "Daya tarik terhadap organisme seperti cumi-cumi, ubur-ubur, dan gurita telah berkembang pesat karena mereka cukup unik dalam hal kurangnya struktur kerangka pendukung tidak menghalangi mereka dari prestasi renang yang luar biasa."