Cek Kotoran Pertama Bayi Anda untuk Tahu Apakah Dia Punya Alergi

By Utomo Priyambodo, Minggu, 16 Mei 2021 | 07:00 WIB
Sains terbaru, salah satu cara untuk mengetahui apakah bayi anda memiliki alergi atau tidak adalah dengan mengecek kotoran pertama atau mekoniumnya setelah lahir. (Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Salah satu cara untuk mengetahui apakah bayi anda memiliki alergi atau tidak adalah dengan mengecek kotoran pertamanya setelah lahir. Kotoran pertama bayi ini disebut juga sebagai mekonium.

Kotoran pertama bayi ini mungkin bukanlah sesuatu yang kebanyakan orang ingin lihat terlalu dekat. Namun, dalam material berwarna hijau tua yang seperti tar ini terkandung beberapa molekul zat yang bisa dianalisis untuk menentukan adanya alergi atau tidak dalam tubuh seorang bayi.

Mekonium ini mengandung cairan ketuban yang tertelan, sel-sel kulit, dan rambut-rambut halus dari kehidupan di dalam rahim. Pada tingkat mikroskopis, mekonium juga menjadi bahan awal untuk mengembangkan mikrobioma dan sistem kekebalan kita.

Jika campuran molekul yang kaya dan seimbang tidak ditemukan dalam kotoran pertama seorang bayi, para peneliti sekarang berpikir hal itu dapat menghambat kolonisasi bakteri baik di usus bayi tersebut. Hal itu akan menempatkan si bayi pada risiko terbentuknya alergi, seperti asma atau eksim, pada tubuh mereka di kemudian hari.