Sains Warga Terbaru: Kucing Ternyata Juga Suka Duduk di Kotak Ilusi

By Utomo Priyambodo, Senin, 10 Mei 2021 | 14:33 WIB
Kucing-kucing suka duduk di kotak ilusi. Temuan sains terbaru telah menunjukkan bahwa duduk di dalam kotak dapat mengurangi stres pada kucing di penampungan. Jadi tidak akan terlalu berlebihan jika kucing merasa lebih nyaman saat berada di dalam kandang. (Smith et al., Applied Animal Behaviour Science 2021)

 

Nationalgeographic.co.id—Selama ini kucing-kucing sering kali membuat teman-teman manusia yang merawatnya kagum dengan kepintaran mereka. Hewan-hewan berkaki empat ini dapat mengambil sesuatu, membuka pintu, menavigasi rintangan yang tampaknya mustahil, dan bahkan memahami instruksi dasar (ketika mereka menginginkannya).

Di lain waktu, kucing-kucing peliharaan juga bisa sangat konyol. Ada satu lagi kekonyolan mereka, yakni suka duduk di kotak ilusi yang bukan benar-benar kota layaknya boks pasir atau kardus.

Hasil sebuah studi sains warga (citizen scientist) mengungkap bahwa kucing-kucing ternyata juga suka duduk di kotak ilusi. Temuan ini menarik karena selama ini kucing memang dikenal suka duduk di kotak-kotak atau tempat tertutup yang berbentuk persegi.