Kisah Perselingkuhan Lancelot dan Guinevere dalam Legenda Arthurian

By Fikri Muhammad, Rabu, 19 Mei 2021 | 09:00 WIB
Penyelamatan Lancelot atas Guinevere dari tiang dalam ilustrasi Henry Justice Ford untuk Andrew Lang's Tales of the Round Table (1908) (WIKIMEDIA)

Nationalgeographic.co.idLancelot, juga dikenal sebagai Sir Lancelot dan Lancelot du Lac adalah kesatria hebat di istana Raja Arthur. Terkenal dari Le Morte D'Arthur karya Sir Thomas Malory (1469 M)

Tokoh ini dikembangkan pertama kali oleh penyair Prancis Chretien de Troyes di Knight of the Cart (1130-1190 M) yang memperkenalkan perselingkuhan Lancelot dengan Guinevere, istri Arthur serta reputasinya sebagai pejuang yang terkenal terampil. 

Pada karya Malory, perselingkuhan Lancelot dengan Guinevere akhirnya menghancurkan persatuan para ksatria bangsawan Arthur's Round Table dan memungkinkan penjahat Mordred untuk merebut takhta.

Tindakan Mordred menyebabkan kehancuran kerajaan dan kematian sebagian besar ksatria terhebat sementara Arthur, terluka parah, dibawa ke pulau mistis Avalon.

Perselingkuhan Lancelot dan Guinevere adalah salah satu yang paling terkenal dalam literatur dunia dan mendefinisikan kekasih bahkan ketika mereka berjuang untuk melawan hasrat mereka. Membuat mereka akhirnya menjadi sosok heroik walau diturunkan oleh hubungan cacat mereka. 

(WIKIMEDIA)

Baca Juga: Mengenal Sir Arthur Conan Doyle, Pencipta Detektif Sherlock Holmes