Hiu Bernavigasi Melalui Medan Magnet Bumi. Layaknya Sebuah Peta

By Fikri Muhammad, Selasa, 25 Mei 2021 | 10:21 WIB
Seekor hiu bonnethead — spesies yang digunakan dalam studi baru — berenang di Akuarium New England di Boston (FOTO OLEH BRIAN SKERRY ANIMALSNEWS)

Nationalgeographic.co.id—Jika bicara tentang migrasi, kita sering mendengar burung atau salmon. Tapi hiu juga melakukan perjalanan melintasi lautan, dari hiu putih besar hingga hiu lemon. 

Selama beberapa dekade, para ilmuwan bertanya-tanya bagaimana mereka berhasil melakukannya. Banyak spesies memiliki indra penciuman yang unggul, tapi, meskipun itu dapat membantu mereka menyesuaikan diri, bau saja tidak dapat memandu mereka melintasi jarak yang jauh.

Itulah sebabnya banyak ahli percaya hiu menavigasi dengan merasakan medan magnet bumi, mungkin menggunakan organ sensor elektromagnetik yang sama saat mereka melacak mangsa.

Karena setiap lokasi di bumi memiliki tanda magnetis yang berbeda, beberP orang berhipotesis bahwa hiu mungkin memiliki semacam 'peta planet' di kepala mereka yang memberi tahu di mana mereka berada.

Untuk menguji teori ini, Bryan Keller, seorang ahli biologi hiu di National Oceanic and Atmospheric Administration membawa 20 hiu bonnethead remaja di Florida State University. 

Bersantai di air hangat yang dangkal, hiu karang bintik hitam menunggu air pasang masuk ke laguna di Atol Aldabra yang terpencil. (Thomas P. Peschak)