Rekor Baru, Tim Peneliti Jepang Mengebor Lubang Terdalam di Lautan

By Utomo Priyambodo, Selasa, 25 Mei 2021 | 12:00 WIB
Kapal Kaimei berlayar di Samudra Pasifik. berada di dekat Palung Jepang. (JAMSTEC)

Nationalgeographic.co.idRekor lubang bor terdalam di lautan terpecahkan. Pada tanggal 14 Mei 2021, para ilmuwan di atas kapal penelitian Kaimei tersebut menurunkan bor panjang dan tipis yang panjangnya hampir 8.000 meter ke perairan Samudra Pasifik. Bor ini disebut juga sebagai pelubang piston raksasa.

Tim peneliti yang menurunkan bor ini ke Samudra Pasifik harus menunggu dua jam 40 menit hingga bor itu akhirnya mencapai dasar Palung Jepang, menurut sebuah pernyataan seperti dilansir Live Science. Di sana, tim mengekstraksi inti sedimen sepanjang 120 kaki atau sekitar 37 meter itu dari dasar laut dan perlahan-lahan mengangkut inti sedimen tersebut ke atas.

Lokasi pengeboran itu terletak sangat dekat dengan episentrum gempa berkekuatan 9,1 Tohoku-oki, yang melanda wilayah tersebut pada tahun 2011. Gempa besar itu menimbulkan tsunami raksasa yang menghantam pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi sehingga memicu bencana kehancuran yang dahsyat. Dengan mempelajari sedimen dari daerah ini, para peneliti berharap dapat mempelajari lebih lanjut tentang sejarah gempa kuno parit tersebut.