Spesies Berang-berang Raksasa yang Dianggap Sudah Punah Muncul Kembali

By Utomo Priyambodo, Senin, 31 Mei 2021 | 16:04 WIB
Potongan gambar dari rekaman video penampakan berang-berang sungai raksasa yang sempat dianggap sudah punah. (Fundación Rewilding Argentina)

Nationalgeographic.co.id—Rekaman video penampakan seekor berang-berang sungai raksasa yang sedang menggelengkan kepalanya dari air saat berenang di sore hari telah membangkitkan semangat komunitas konservasi hewan setempat. Spesies berang-berang raksasa tersebut sempat dianggap telah punah di alam liar.

Menurut postingan Facebook dari Fundación Rewilding Argentina, direktur konservasi Sebastian Di Martino melihat spesies yang diyakini telah punah itu saat sedang berkayak di Sungai Bermejo pada 16 Mei 2021. Sungai tersebut berada di kawasan Impenetrable National Park di Argentina.

"Segera setelah mendengar percikan di air, itu tampak seperti [berang-berang] sungai," tulis postingan tersebut seperti dilansir Newsweek. "[Di Martino] berhenti untuk mengamatinya karena itu biasanya bukan spesies yang sangat sering, tetapi teriakan [hewan] itu mengingatkan [dia]."

"Lalu dengan ponsel [miliknya] di tangan, dia mulai merekamnya dan ketika hewan ini masuk ke dalam air dan menunjukkan payudara putihnya, tidak ada keraguan yang tersisa. Itu adalah spesimen berang-berang raksasa," tambah postingan tersebut.