Berapakah Jumlah Sesungguhnya Populasi Tionghoa di Indonesia?

By Eric Taher, Sabtu, 5 Juni 2021 | 22:38 WIB
Perempuan-perempuan Tionghoa berkebaya encim dengan dandanan tempo dulu. Mereka tampil dalam salah satu rangkaian acara pameran dan diskusi buku Peranakan Tionghoa Indonesia di Kota Lama Semarang. (Mahandis Yoanata Thamrin/National Geographic Indonesia)

Nationalgeographic.co.id—Sampai saat ini, jumlah populasi dari orang-orang Tionghoa di Indonesia masih menjadi perdebatan. Beberapa ilmuwan memperkirakan bahwa jumlah Tionghoa berkisar 6 juta jiwa atau 3 persen populasi Indonesia, sementara ada juga yang mengatakan 10 juta atau 5 persen dari penduduk Indonesia. Lantas, manakah yang benar? Berapa jumlah sesungguhnya dari orang Tionghoa di Indonesia?

Isu inilah yang dibawakan oleh Roemah Bhinneka dalam webinar bertajuk Berapa Sih Jumlah Tionghoa? Data dan Problematikanya pada 31 Mei 2021.

Webinar ini menghadirkan sejumlah demograf seperti M. Sairi Hasbullah, Evi Nurvidya Arifin, dan Aris Ananta. Dalam webinar ini, para pembicara menghadirkan hasil dan metode dari sensus yang dilakukan pemerintah Indonesia, serta kendala-kendala yang muncul dalam pelaksanaan sensus tersebut.

"Pertanyaannya adalah, siapakah orang Tionghoa, siapakah orang Jawa, orang Sunda, orang Palembang, dan seterusnya?" demikian Aris Ananta membuka diskusi ini. "Jadi walau kita bicara mengenai orang Tionghoa, hal yang sama juga menjadi pertanyaan untuk suku lain di Indonesia."