Otak Orang-orang dari Suku Amazon Ini Ternyata Relatif Tidak Menua

By Utomo Priyambodo, Jumat, 4 Juni 2021 | 11:14 WIB
Penelitian sebelumnya, menemukan bahwa orang-orang dari suku Tsimane ini secara efektif memiliki jantung tersehat di dunia. (Martin Shoeller/National Geographic)

 

 

Nationalgeographic.co.id—Tsimane, penduduk asli yang tinggal di pinggiran Bolivia di hutan hujan Amazon, menjalani kehidupan yang sangat berbeda dengan kita. Mereka tampaknya jauh lebih sehat dibanding kita.

Populasi suku pengumpul-hortikultura yang sebagian besar terisolasi ini masih hidup sampai sekarang dengan bertani, berburu, mengumpulkan, dan menangkap ikan dengan cara-cara tradisional. Mereka melanjutkan praktik nenek moyang mereka, yang dibangun jauh sebelum industrialisasi dan urbanisasi mengubah sebagian besar dunia.

Bagi orang-orang Tsimane, keuntungan dari gaya hidup tradisional ini cukup besar. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2017 menemukan bahwa mereka secara efektif memiliki jantung tersehat di dunia, dengan tingkat penyakit arteri koroner terendah yang pernah tercatat dari populasi mana pun.

Hasil itu bukan kebetulan. Bukti terbaru sekarang menunjukkan bahwa orang-orang Tsimane juga menunjukkan atrofi otak yang jauh lebih sedikit seiring bertambahnya usia.