Terungkap! 2,5 Miliar Tyrannosaurus Rex Pernah Hidup di Bumi

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 12 Juni 2021 | 16:00 WIB
Para pengunjung melihat kerangka dinosaurus Tyrannosaurus rex berusia 67m tahun di Museum Sejarah Alam Nasional Prancis pada 2018. (Philippe Wojazer/Reuters)

Nationalgeographic.co.id—Tyrannosaurus rex atau T-rex adalah salah satu predator paling ganas yang pernah hidup di Bumi. Dengan tubuh yang besar, gigi tajam, dan rahang yang begitu kuat hingga bisa menghancurkan mobil, karnivora terkenal ini mendominasi lembah sungai berhutan di Amerika Utara bagian barat selama periode Kapur akhir 68 juta tahun yang lalu.

Nama ilmiah T-rex memiliki arti "raja kadal yang tiran". Tubuh berotot dinosaurus ini membentang sepanjang 40 kaki dari moncongnya hingga ujung ekornya yang kuat. Beratnya mencapai delapan ton, T-rex menginjak kepala lebih dahulu hewan yang melintasi wilayahnya dengan dua kaki yang kuat. Dinosaurus ini kemungkinan memangsa hewan hidup dan bangkai yang mengais-ngais. Terkadang mereka bahkan saling memakan satu sama lain.

Bukan hanya itu saja, T-rex juga merupakan dinosaurus yang memiliki gigitan sangat kuat. Dilansir dari jurnal Scientific Report, rahang T-rex mampu menggigit dengan tekanan 3.500 kilogram atau sekitar dua mobil. Ditambah dengan giginya, para peneliti memperkirakan bahwa tekanan total dari gigitan T-rex mencapai 195.500 kilogram per inci. Dengan kekuatan itu pula, T-rex bisa dengan leluasa mencabik-cabik mangsanya. Tak heran, kalau T-rex dikenal sebagai dinosaurus yang ganas.