Arkeolog Israel Tak Sengaja Memecahkan Temuan Telur Kuno 1.000 Tahun

By Utomo Priyambodo, Jumat, 11 Juni 2021 | 21:29 WIB
Telur ayam kuno yang masih utuh ditemukan di Yavneh, Israel. (Yoli Schwartz/Israel Antiquities Authority)

Nationalgeographic.co.id—Sekelompok arkeolog Israel menemukan telur ayam kuno berusia 1.000 tahun yang masih utuh. Ini merupakan sebuah penemuan yang langka, mengingat telur-telur kuno yang pernah ditemukan umumnya sudah pecah atau rusak. Akan tetapi, pada akhirnya para arkeolog tersebut tak sengaja memecahkan telur yang tadinya masih utuh tersebut.

Pada suatu hari seribu tahun yang lalu, seekor ayam di Yavneh bertelur. Telur itu tidak pernah menetas mengeluarkan anak ayam. Untuk beberapa alasan yang belum bisa diketahui secara pasti, telur ayam itu berakhir di lubang pembuangan di zona industri kota kuno. Di sana telur tersebut berdiam hingga bertahun-tahun.

Sampai akhirnya para arkeolog dari Israel Antiquities Authority datang. Mereka melakukan penggalian penyelamatan di zona industri kuno kota Israel tengah sebelum pembangunan, dan kemudian menemukan tersebut. Meski telur itu berada di bawah tumpukuan material-material lain yang lembut, mereka berhasil mengeluarkan telur dari lubang pembuangan, dan telur itu masih sempurna.

Tim arkeolog Israel Antiquity Authority tengah mengekskavasi di situs Yavne, Israel. (Emil Aladjem/Israel Antiquities Authority)