Fosil Hutan Berusia 385 Juta Tahun, Ditemukan di Cairo, New York

By Bella Jingga Ardilla, Sabtu, 19 Juni 2021 | 12:00 WIB
Fosil Hutan Tertua ditemukan di Cairo, New York. (William Stein & Christopher Barry)

Nationalgeographic.co.id—"Situs Cairo sangat istimewa, anda dapat berjalan di atas akar pohon kuno. Berdiri di atas pertambangan dan kita dapat merekonstruksikan kembali hutan yang hidup di dalam imajinasi," kata ahli Paleobotani, Christopher Berry, anggota tim di Universitas Cardiff.

Lebih dari 10 tahun yang lalu, para ahli dari Cardiff University, Inggris, Binghamton University di AS, dan Museum Negara Bagian New York mulai mempelajari situs di kaki Pegunungan Catskill di Lembah Hudson. Perjalanan panjang penelitian ini kemudian membawa bukti baru mengenai hutan tertua di dunia.

Melansir dari laman Bigthink.com, telah ditemukan fosil hutan tertua di dunia, berumur 385 juta tahun di Pegunungan Catskill, Cairo, New York, pada Desember 2019.

Fosil hutan yang ditemukan di sebuah tambang ternyata berusia dua hingga tiga juta tahun lebih tua dibandingkan hutan tertua pertama, yaitu di Gilboa, New York. Para peneliti menemukan sistem akar yang luas pada Zaman Devon, yaitu sekitar 416 hingga 359 juta tahun yang lalu.

Penemuan situs Cairo mendatangkan secercah harapan bagi para peneliti untuk mempelajari hutan di periode Paleozoikum. Situs Cairo menggambarkan sebuah bentuk raksasa sistem akar yang membatu. Akar-akar tersebut memiliki diameter 15 sentimeter dan membentuk pola radial selebar 11 meter.

“Zaman Devonian mewakili waktu di mana hutan pertama muncul di planet Bumi,” ujar Wiliam Stein, seorang profesor emeritus biologi di Binghamton University, yang terlibat dalam penelitian, dilansir Science Daily.