Uluburun, Kapal Karam yang Membawa 20 Ton Barang-Barang Mewah Kuno

By Utomo Priyambodo, Senin, 14 Juni 2021 | 15:00 WIB
Kapal karam Uluburun. (Institute of Nautical Archaeology)

Nationalgeographic.co.id—Uluburun adalah satu kapal karam tertua dan terkaya yang pernah ditemukan di dunia. Kapal karam ini berusia 3.300 tahun dan ditemukan di lepas pantai Uluburun (Grand Cape), dekat Kaş di barat daya Turki.

Ini adalah salah satu kapal tertua berisi salah satu kumpulan barang Zaman Perunggu Akhir terkaya dan terbesar yang ditemukan di Mediterania. Kapal itu membawa lebih dari 20 ton kargo yang diyakini sebagai perintah kerajaan. Secara total, lebih dari 18.000 artefak spektakuler telah ditemukan, termasuk permata berharga, bahan baku mewah, dan bahkan segel emas Ratu Mesir Nefertiti.

Uluburun pertama kali ditemukan pada tahun 1982 oleh Mehmed akir, seorang penyelam spons lokal, di lereng laut berbatu yang curam pada kedalaman 44 hingga 52 meter. Artefak-artefak dari kapal tersebut ditemukan tersebar hingga 61 meter.

Menggali dan mengangkat artefak-artefak ini adalah tugas yang sangat besar dan membutuhkan sebelas ekspedisi berturut-turut selama tiga hingga empat bulan. Upaya penggalian bawa air ini dilakukan oleh Institute of Nautical Archaeology, dengan total 22.413 kali penyelaman antara tahun 1984 dan 1992.

Baca Juga: Koin-Koin Arab Kuno Ungkap Aksi Keji Perompak Kapal Rombongan Haji