Nenek Moyang Manusia Melakukan Perkawinan Dini dan Berpoligami

By Fadhil Ramadhan, Minggu, 20 Juni 2021 | 08:00 WIB
Penemuan dua tengkorak di Ethiopia memberi petunjuk perihal praktik poligami dan perkawinan dini di sana. (Michael J. Rogers)

Nationalgeographic.co.id—Akeolog baru-baru ini menemukan tengkorak Homo erectus terkecil di Afrika yang pernah ada. Menurut laporan yang diterbitkan di Science Advances, tengkorak tersebut ditemukan di Etiopia, beberapa mil dari tempat mereka juga menemukan tengkorak serupa yang lebih besar, dengan fitur yang sedikit lebih kokoh. 

Para arkeolog yang mengerjakan proyek ini berpendapat bahwa, kedua tengkorak ini berasal dari jenis manusia purba yang sama, H. erectus, dan hanya berbeda pada jenis kelaminnya. "Perbedaan fisik antara laki-laki dan perempuan, berkaitan dengan perkawinan manusia purba," ujar Michael Rogers, arkeolog dari Southern Connecticut State University, kepada Discover. 

Temuan ini bisa menghidupkan kembali bahan pembicaraan oleh para antropolog selama bertahun-tahun. "(Tengkorak kecil) dapat membuka kembali perdebatan tentang seberapa besar variabilitas yang mungkin ada dalam satu spesies nenek moyang manusia," kata Rogers.