Spesies Baru Hiu Purba Ditemukan di Inggris, Hidup 150 Juta Tahun Lalu

By Utomo Priyambodo, Selasa, 15 Juni 2021 | 13:30 WIB
Impresi seniman tentang hiu purba. Kabar sains terbaru, tim peneliti internasional yang dipimpin Sebastian Stumpf dari University of Vienna mengklaim menemukan spesies baru hiu purba, Durnonovariaodus maiseyi. (Warpaintcobra/Getty Images/iStockphoto)

 

 

Nationalgeographic.co.id—Sebuah tim peneliti internasional yang dipimpin oleh Sebastian Stumpf dari University of Vienna mengklaim telah menemukan spesies baru hiu purba. Dalam laporan sebuah studi terbaru, mereka menggambarkan kerangka fosil hiu purba yang mereka tempatkan pada genus dan spesies baru yang sebelumnya tidak diketahui.

Penemuan fosil langka ini berasal dari Formasi Tanah Liat Kimmeridge (Kimmeridge Clay Formation) di Inggris. Formasi ini adalah serangkaian batuan sedimen yang terbentuk di laut tropis-subtropis yang dangkal selama periode Jurassic Atas atau Jurassic Akhir, sekitar 150 juta tahun yang lalu.

Kerangka fosil hiu ini ditemukan lebih dari 20 tahun yang lalu di pantai selatan Inggris. Fosil itu sekarang disimpan di Etches Collection Museum of Jurassic Marine Life.

Etches Collection adalah museum fosil independen yang terletak di desa Kimmeridge, Purbeck, Dorset, Inggris. Etches Collection adalah museum yang menampung salah satu koleksi fosil paling signifikan secara ilmiah di Inggris.