Raksasa Cerne Abbas yang Mencolok, Arkeolog Terus Pecahkan Misterinya

By Fikri Muhammad, Rabu, 16 Juni 2021 | 08:00 WIB
Para peneliti telah lama memperdebatkan usia Raksasa Cerne Abbas, beberapa bilang pada periode prasejarah dan yang lainnya hingga era abad pertengahan. (National Trust) ()

Nationalgeographic.co.id—Pada suatu lanskap di Inggris dihiasi oleh sosok garis kapur besar yang diukir di sisi bukit berumput. Karya ini bernama Raksasa Cerne Abbas di Dorset yang mempunyai panjang 180 kaki, menggambarkan seorang pria telanjang sedang memegang tongkat.

Mengenai pembuat piktograf kapur itu dan mengapa mereka melakukannya tetap menjadi misteri. Tetapi seperti yang dikaporkan Mark Brown untuk Guardian, analisis baru dari sampel pasir yang dikumpulkan di situs tersebut menempatkan bahwa sosok itu diciptakan antara tahun 700 dan 1100 M.

Para arkeolog telah lama berspekulasi bahwa Raksasa Cerne Abbas berasal dari periode prasejarah, Romawi, atau bahkan awal moderen. Pada 2020 lalu, para peneliti menggunakan cangkang moluska untuk memperkirakan angka tersebut pada abad ke-13 atau ke-14. Temuan baru oleh National Trust mendorong usianya kembali lebih jauh yakni periode akhir Saxon, mungkin sekitar abad ke-10.