Enam Satwa Ini Memiliki DNA Mirip Manusia, Kucing Salah Satunya

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 10 Juli 2021 | 16:00 WIB
Venus, kucing dengan keunikan dua warna wajah dan mata. Kucing merupakan salah satu hewan yang memiliki kedekatan Deoxyribonucleic Acid atau DNA dengan manusia. (NGM/Today Show/NBC)

 

Nationalgeographic.co.id—Deoxyribonucleic Acid atau yang lebih dikenal DNA adalah karakteristik biologis yang melekat pada makhluk hidup yang dapat mengetahui informasi genetik. DNA sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup.

Untuk diketahui, DNA pada manusia bisa diibaratkan sebagai kode genetik yang menjamin bahwa sel dari anak akan mewarisi karakteristik yang sama dari induknya. Namun, tak hanya manusia saja, hewan pun juga memiliki DNA lho.

Tapi, tahukah kamu ternyata ada beberapa jenis hewan yang memiliki kesamaan DNA dengan manusia. Penasaran? Simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: Siapa Sangka, Simpanse Ajarkan Kita Jadi Manusia Sehat Saat Menua

Para ilmuwan menemukan bahwa serat otot simpanse lebih panjang dari serat otot manusia. (Thinkstock)

Simpanse

Simpanse memiliki kemiripan DNA dengan manusia sebanyak 98,7 persen. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Max Plank Institue Jerman pada tahun 2005. Mereka memiliki fitur wajah, tubuh dan organ yang sangat mirip dengan manusia.

Meski demikian, perbedaan 1,3 persen antara manusia dan simpanse berperan signifikan. Otak manusia lebih berkembang dan bisa berbicara tak seperti simpanse. Bukan hanya itu, siklus reproduksi simpanse betina juga serupa dengan manusia. Masa gestasi atau periode bayi berada dalam rahim sampai delapan bulan.

 Baca Juga: Seperti Manusia, Orangutan Juga Belajar dari Sosok Panutannya

Orangutan dan manusia mempunyai kemiripan 97 persen. Saat diteliti, ternyata orangutan jantan lebih dahulu sebelum bertindak dan berkelahi. Hal ini sama dengan manusia terutama laki-laki. (Britannica)

Orangutan

Masih hewan primata, orangutan memiliki kemiripan sampai 97 persen. Saat diteliti lebih jauh, orangutan memiliki kemiripan prilaku, emosi dan hubungan antara satu sama lain sama seperti manusia.