'Zombi Arktika' Berusia 24.000 Tahun Dihidupkan Kembali oleh Imuwan

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 20 Juni 2021 | 11:00 WIB
Detail dari Rotifera Bdelloid. Hewan ini bertahan hidup dalam kondisi ekstrem seperti suhu beku dan kekeringan. (MIchael Plewka)

 

Nationalgeographic.co.id - Zombi kecil yang membeku di lapisan es Arktika selama 24.000 tahun baru-baru ini dihidupkan kembali dan telah menghasilkan klon di laboratorium di Rusia.

Makhluk-makhluk tangguh ini adalah rotifera bdelloid, atau hewan roda. Dinamakan demikian karena cincin rambut kecil seperti roda yang melingkari mulut mereka. Rotifera adalah hewan mikroskopis multiseluler yang hidup di lingkungan air tawar dan mereka telah ada selama sekitar 50 juta tahun.

Pada saat itu, rotifera telah mengambil satu atau dua trik bertahan hidup. Para peneliti sebelumnya menemukan bahwa rotifera modern dapat dibekukan pada suhu minus 20 derajat Celcius dan kemudian dihidupkan kembali hingga 10 tahun kemudian.

Sekarang, para ilmuwan telah menghidupkan kembali rotifera yang membeku di permafrost Siberia kuno selama bagian akhir zaman Pleistosen atau sekitar 2,6 juta hingga 11.700 tahun yang lalu. Setelah dicairkan, rotifera purba ini mulai bereproduksi secara aseksual melalui partenogenesis, menciptakan klon yang merupakan duplikat genetik mereka.