Penambang Emas Kanada Menemukan Kerangka Raksasa Tiga Mammoth Berbulu

By Utomo Priyambodo, Kamis, 17 Juni 2021 | 13:22 WIB
Sekelompok penambang emas di Kanada tak sengaja kerangka-kerangka raksasa dari tiga mammoth berbulu di lokasi tambang Little Flake Mine dekat Dawson City, Yukon. (Government of Yukon)

Nationalgeographic.co.id—Sekelompok penambang emas di Kanada tak sengaja menemukan kerangka-kerangka raksasa parsial dari tiga mammoth berbulu di lokasi tambang Little Flake Mine dekat Dawson City di Yukon. Ketiga mammoth berbulu ini mungkin merupakan bagian dari keluarga yang sama.

Para penambang itu talah menyerahkan tulang-tulang itu kepada pemerintah Yukon. "Kami tampaknya memiliki satu mammoth besar, satu dewasa muda dan satu remaja," kata Grant Zazula, kepala paleontologi pemerintah Yukon.

Beberapa tulang masih terartikulasikan (terhubung) satu sama lain, kata Zazula seperti dikutip dari Live Science. Cara tulang-tulang itu ditemukan menunjukkan "bahwa ketiga mammoth ini mungkin hidup bersama dan mati bersama di lokasi yang sangat dekat dengan tempat fosil tulang-tulang itu ditemukan," tambah Zazula. Bahkan jika mereka bukan anggota keluarga, mereka mungkin telah menjadi bagian dari kawanan yang lebih besar, ujarnya.

Mammoth mengalami kepunahan pada akhir zaman es. Para ilmuan menduga perubahan iklim drastis sekitar 10.000 tahun lalu membuat mammoth tidak bisa beradaptasi. (Royal British Columbia Museum/ Ruth Hartnup)