Berkat Google Earth. Keberadaan Geoglyph Terbesar di Dunia Terungkap

By Utomo Priyambodo, Jumat, 18 Juni 2021 | 11:55 WIB
Geoglyph terbesar di dunia ditemukan di India berkat bantuan Google Earth. (Carlo Oetheimer and Yohann Oetheimer /Archaeological Research in Asia)

Nationalgeographic.co.id—Berkat foto-foto dari Google Earth, sekelompok peneliti berhasil mengidentifikasi geoglyph terbesar di dunia. Menurut laporan studi mereka, seperangkat garis berliku-liku yang ditemukan di Gurun Thar India kemungkinan merupakan geoglyph terbesar yang pernah ditemukan.

Geoglyph merupakan gambar atau desain luas yang dibentuk di tanah atau batu. Gambar-besar di tanah semacam ini sebelumnya tidak pernah ditemukan di India. Geoglyph sebelumnya hanya pernah ditemukan di negara-negara lain, antara lain Peru dan Kazakhstan.

Geoglyph yang ditemukan di gurun India ini dilaporkan terdiri atas beberapa spiral dan garis-garis panjang yang meliuk-liuk yang menggandakan diri mereka lagi dan lagi. Pola geogplyph ini mencakup luas 20,8 hektare dari wilayah gersang gurun di dekat perbatasan India dengan Pakistan. Mengikuti semua jalur dari garis-garis geoglyph ini membutuhkan perjalanan sejauh 48 kilometer.