Kolam Renang Indoor Terbesar Sedunia Akan Dibuat untuk Astronaut Baru

By Utomo Priyambodo, Jumat, 18 Juni 2021 | 22:30 WIB
Desain kolam renang terbesar sedunia yang akan dibangun di Inggris. (Blue Abyss)

Nationalgeographic.co.idKolam renang indoor terbesar dan terdalam di dunia akan dibangun untuk menjadi pusat pelatihan astronaut baru. Selain untuk pelatihan astronaut, kolam renang ini juga diproyeksikan untuk jadi tempat pengembangan robot bawah laut.

Rencananya, kolam renang dalam ruangan ini akan dibangun di Inggris dekat sebuah bandara bernama Cornwall Airport Newquay. Bandara ini diharapkan juga berfungsi sebagai bandar antariksa untuk peluncuran Virgin Orbit mulai tahun depan.

Kolam renang ini akan menjadi bagian dari pusat bawah air Blue Abyss. Dalam rancangan yang didesain perusahaan Blue Abyss, kolam ini akan dibuat sepanjang 164 kaki atau 50 meter dengan kedalaman 130 kaki atau 40 meter. Kolam ini akan memiliki lantai berundak dan lubang sedalam 164 kaki atau 50 meter dengan lebar 52 kaki atau 16 meter.

Perusahaan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kolam itu akan mampu menampung 1.483.216 kaki kubik atau 42.000 meter kubik air. Volumen ini setara dengan volume 17 kolam renang ukuran Olimpiade atau 168 juta cangkir teh.