Penguin Galapagos, Penguin Unik yang Hidup di Utara Khatulistiwa

By Eric Taher, Senin, 21 Juni 2021 | 17:00 WIB
Penguin galapagos yang hidup di daerah tropis. (Caroline Cappello/University of Washington)

Nationalgeographic.co.id—Biasanya, kita mengenal penguin sebagai burung-burung perenang yang hidup di Antarktika dan belahan bumi selatan. Akan tetapi, ada satu spesies penguin yang dikenal hidup di belahan utara khatulistiwa, yakni penguin galapagos. Sesuai namanya, penguin "aneh" ini hidup di Kepulauan Galapagos, tempat ditemukannya kura-kura raksasa dan tempat Charles Darwin meracik teori evolusi.

Menariknya, Darwin sendiri tidak mencatat keberadaan penguin galapagos dalam perjalanannya bersama HMS Beagle. Penguin ini pertama kali dideskripsikan oleh ahli zoologi Carl Jakob Sundevall, dalam artikel "On Birds from the Galapagos Islands" yang dipublikasikan tahun 1871. Oleh Sundevall, penguin ini diberi nama Latin Spheniscus mendiculus.

Persebaran spesifik dari penguin ini terletak pada lima pulau utama. Dilansir dari American Bird Conservancy, 95 persen dari populasi penguin ini tersebar di Pulau Fernandina dan pesisir barat Pulau Isabela. Sisanya diketahui terlihat di Pulau Floreana, Santiago, dan Bartolome.