Apakah Temuan Sampul Kitab Kuno ini Merujuk pada Wajah Yesus Kristus?

By Fadhil Ramadhan, Minggu, 18 Juli 2021 | 10:00 WIB
Sebuah kitab yang sampulnya menampilkan sosok timbul lelaki berambut keriting. Arkeolog menduganya sebagai seraut wajah Yesus Kristus. Apabila benar, berarti penggambaran Yesus tertua yang pernah ada. (DAVID O' NEILL/D K IMAGES)

 

Nationalgeographic.co.id—Temuan kali ini berupa sosok wajah yang mungkin familiar. Sosok wajah itu mungkin sangat akrab: lelaki berjenggot dengan rambut bergelombang. Detail lukisan potret ini sulit terlihat, namun dari sudut pengelihatan tertentu, di sekitar alisnya terlihat seperti sebuah mahkota berduri.

Kemungkinan, potret seraut wajah itu merujuk Yesus Kristus. Potret tersebut tergeletak di gua tersembunyi, selama hampir 2.000 tahun. Jika asli, temuan ini bisa merupakan potret Yesus Kristus yang pertama kali. Bahkan, potret ini mungkin dibuat pada masa yang sama, oleh seniman yang sungguh mengenalnya.

Penggalian baru-baru ini membuahkan hasil yang luar biasa. Selain potret Yesus Kristus, ditemukan juga 70 kitab berupa buklet di sebuah gua, di perbukitan yang menghadap ke arah Laut Galilea. Bukletnya berukuran kecil, sedikit lebih kecil dari kartu kredit modern. Semua sisinya masih dalam keadaan disegel dan sampul cetak timbul atau 3-D berbentuk wajah manusia. Sampul-sampul itu terbuat dari besi.