Trik-Trik Loki yang Paling Nakal dalam Cerita Mitologi Nordik

By Fikri Muhammad, Rabu, 23 Juni 2021 | 11:00 WIB
Loki si dewa penipu dikenal dengan kejenakaan nakal dan tipu dayanya yang licik. (WIKIMEDIA) ()

Nationalgeographic.co.id—Dia adalah salah satu dewa paling terkenal dalam mitologi Nordik dan berkat Marvel Universe dia juga salah satu yang paling terkenal di zaman moderen.

Loki si dewa penipu dikenal dengan kejenakaan nakal dan tipu dayanya yang licik. Ia membantu dan menghalangi dewa dan kesetiaannya selalu diragukan. Ia tidak baik dan tidak jahat, Loki memilih untuk menjadi definisi dari gangguan itu sendiri. 

Berikut adalah kumpulan trik Loki yang terangkum dalam laman History

Kematian Baldr

Baldr adalah putra Odin sekaligus saudara tiri Thor. Dia adalah dewa cahaya dan kemurnian yang digambarkan sebagai dewa adil, baik, dan tampan. 

Meskipun diyakini bahwa Baldr itu abadi, sebuah ramalan menyatakan bahwa suatu hari dia akan mati. Untuk mencegah ramalan itu terjadi, ibynya, Frigg, mengunjungi setiap entitas di komsos untuk mengamankan sumpah dari mereka bahwa mereka tidak akan menyakiti putranya. Namun ia lalai berkonsultasi dengan mistletoe karena itu terlalu kecil dan tidak berbahaya, yang bisa mengancam kehidupan putranya. 

Kekeliruan fatal itu segera sampai ke telinga loki yang mengukir panah dari mistletoe. Dia kemudian menyerahkan panah itu kepada saudara tiri Baldr yang buta, Höðr, dan menantangnya untuk melemparkan panah itu ke arah kerabatnya. 

Höðr melemparnya tanpa ragu, ia percaya bahwa tidak ada yang bisa menyakiti saudara tirinya. Panah itu dengan fatal menembus dada Baldr dan ia pun mati. 

Baca Juga: Ragnarok, Serangkaian Peristiwa Kiamat Pada Cerita Mitologi Nordik