Kejadian Ratusan Burung Mati Mendadak di AS Bikin Bingung Para Ilmuwan

By Utomo Priyambodo, Kamis, 24 Juni 2021 | 20:30 WIB
Burung-burung mati mendadak. (Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Ratusan burung mati mendadak di Amerika Serikat (AS). Menurut para pakar satwa liar, setidaknya ada enam negara bagian di AS yang melaporkan peningkatan kematian burung dalam sebulan terakhir ini. Sebagian besar jenis burung yang mati itu adalah blue jay, grackle, dan jalak Eropa.

Ahli biologi unggas Kate Slankard dari Department of Fish and Wildlife Resources di Kentucky mengatakan bahwa jumlah burung yang mati tahun ini yang tidak biasa dan para ilmuwan belum menemukan penyebab di balik kematian unggas-unggas itu.

NBC News melaporkan bahwa selain Kentucky dan Washington, negara bagian lain juga telah melaporkan kasus burung mati yang serupa. Negara-negara bagian yang dimaksud adalah Ohio, Maryland, dan West Virginia.

Slankard mengatakan bahwa para ahli satwa liar sekarang sedang bekerja untuk mencari tahu penyebab masalah yang membunuh ratusan burung di negara itu. Dia mencatat bahwa tidak mudah untuk membuat diagnosis karena beberapa tahapan tes laboratorium harus dilakukan.