Temuan Pesan dalam Botol 1926, Ternyata Direspons Anak Si Penulis

By Fikri Muhammad, Senin, 28 Juni 2021 | 13:47 WIB
Jennifer Dowker, pemilik perusahaan wisata perahu berlantai kaca, Nautical North Family Adventures, sedang melakukan penyelaman di Sungai Cheboygan pada 18 Juni untuk membersihkan jendela di bagian bawah perahu yang bernama Yankee Sunshine. Juga mencari sesuatu yang akan menarik minat kliennya. (Jennifer Dowker) ()

Nationalgeographic.co.id—Seorang kapten kapal selam scuba di Michigan menemukan kejutan tak terduga: Sebuah botol dengan sepucuk surat dari tahun 1926.

Jennifer Dowker, pemilik perusahaan wisata perahu berlantai kaca, Nautical North Family Adventures, sedang melakukan penyelaman di Sungai Cheboygan pada 18 Juni untuk membersihkan jendela di bagian bawah perahu yang bernama Yankee Sunshine. Juga mencari sesuatu yang akan menarik minat kliennya.

"Saya hanya mengumpulkan botol-botol kecil yang saya temukan di dasar sungai ketika sedang  menyelam," kata Dowker di laman USA Today

Dia melihat botol hijau dan bisa melihat ada kertas di dalamnya. Meskipun botol itu diisi dengan dua pertiga air dan memiliki gabus yang rusak parah, dia dapat mengeluarkan catatan tertanggal November 1926 bertuliskan: 

"Apakah orang yang menemukan botol ini akan mengembalikan kertas ini ke George Morrow Cheboygan, Michigan dan memberitahu di mana itu ditemukan?"

Baca Juga: Hidup Masaru Emoto si Peneliti Air, Kritik dan Pesan Sebelum Meninggal

Meskipun botol itu diisi dengan dua pertiga air dan memiliki gabus yang rusak parah, dia dapat mengeluarkan catatan tertanggal November 1926. (Jennifer Dowker) ()

"Itu adalah penemuan sekali seumur hidup yang cukup fenomenal untuk seorang penyelam scuba," kata Dowker, yang memasukkan surat itu ke dalam lemari pendingin untuk dikeringkan.

Dia pun mengunggah foto-foto penemuannya di halaman Facebook perusahaannya. Mulanya ia berharap setidaknya ada 25 orang melihat unggahan itu. Namun ia tak tahu bahwa unggahannya akan menjadi viral. 

"Saya bangun keesokan paginya dan saya mendapat banyak pesan dari banyak orang," kata Dowker.

Baca Juga: Breaking News: Temuan Harta Karun Koin Cina Abad Ketujuh di Lasem