Eksoplanet Aneh Seperti Neptunus Ini Mungkin Memiliki Awan Air

By Fikri Muhammad, Senin, 28 Juni 2021 | 19:34 WIB
Planet ekstrasurya, yang disebut TOI-1231 b, mungkin memiliki awan air yang tinggi di atmosfernya, tetapi pengamatannya sangat awal sehingga sulit untuk mengatakan dengan pasti. (NASA/JPL-Caltech) ()

Nationalgeographic.co.id—Planet mirip Neptunus yang realtif dekat dengan Bumi ini mungkin memiliki kejutan air.

Planet ekstrasurya, yang disebut TOI-1231 b, mungkin memiliki awan air yang tinggi di atmosfernya, tetapi pengamatannya sangat awal sehingga sulit untuk mengatakan dengan pasti. 

"Pengamatan masa depat planet baru ini akan memungkinkan kita menentukan seberapa umum (atau jarang) awan air terbentuk di sekitar dunia beriklim sedang ini," ucap Jennifer Burt, seorang ilmuwan di Jet Propulsion Laboratory NASA pada sebuah pernyataan dari University of New Mexico.

Sementara pengamatan TOI-1231 b menunjukkan bahwa planet ini memiliki atmosfer yang substansial, para peneliti memperingatkan bahwa mereka tidak dapat mengetahui komposisi planet tersebut. 

Model menunjukkan bahwa ia memiliki atmosfer uap air yang padat, yang dapat berisi awan air, atau atmosfer hidrogen-helium yang lebih besar yang mirip dengan Neptunus.