Bagaimana Unta Arab Bisa Berjalan Berminggu-minggu di Gurun Tanpa Air?

By Utomo Priyambodo, Senin, 28 Juni 2021 | 17:29 WIB
Unta arab berpunuk satu punya kemampuan legendaris untuk melakukan perjalanan hingga 160 kilometer di gurun selama berminggu-minggu tanpa air minum. (WIkimedia Commons)

 

Nationalgeographic.co.id—Salah satu hewan yang memiliki kemampuan luar biasa untuk bertahan hidup tanpa air dalam waktu lama adalah unta. Mereka bisa berminggu-minggu melakukan perjalanan jarak jauh di padang pasir tanpa air minum. Sungguh menakjubkan kemampuan tubuh mereka dalam mengatasi stres semacam ini.

Sebagai contoh, unta arab berpunuk satu atau Camelus dromedarius memiliki kemampuan legendaris untuk melakukan perjalanan hingga 100 mil atau 160 kilometer di gurun selama berminggu-minggu tanpa akses ke air. Analisis terhadap tubuh unta-unta arab ini mengunkap bahwa mereka memiliki ginjal yang berkembang dengan baik. Ginjal mereka terbukti memiliki peran yang signifikan dalam membantu mereka mengatasi proses dehidrasi dan rehidrasi dalam tubuh mereka.

Pada manusia, ginjal berekasi untuk menjaga kelembapan sebanyak mungkin saat tubuh kekurangan air. Cairan disaring di korteks, area ginjal tempat air mengalir ke bagian lain yang disebut medula. Kemudian, ion dari garam terlarut dipompa melintasi membran untuk menyebabkan ketidakseimbangan yang memaksa sebagian air untuk kembali ke darah, sementara bagian lain dari air dikeluarkan sebagai urine.