Kisah Seorang Pria yang Berhasil Selamat dari Gigitan Hiu Putih Besar

By Utomo Priyambodo, Selasa, 29 Juni 2021 | 12:10 WIB
Serangan hiu putih besar terhadap manusia adalah peristiwa yang jarang terjadi. (David Doubilet/National Geographic Creative)

Nationalgeographic.co.id—Serangan hiu putih terhadap manusia kembali terjadi. Pada akhir pekan lalu, tepatnya Sabtu pagi, 26 Juni 2021, seekor hiu putih besar sepanjang 6 hingga 8 kaki (1,8 hingga 2,4 meter) menggigit kaki kanan seorang pria berusia 35 tahun di Grey Whale Cove State Beach di San Mateo County, California, Amerika Serikat.

Meskipun gigitannya "parah", pria itu berhasil mencapai pantai, sebagaimana dilaporkan situs berita lokal Bay Area SFist. Di sana, seorang nelayan bernama Thomas Masotta mendengar pria yang terluka itu meminta bantuan. Masotta kemudian berinisiatif membuat torniket dengan tali dari ranselnya dan kemudian menelepon pihak berwenang, seperti ditulis oleh Tracking Sharks.

Ini adalah gigitan serangan hiu ke-39 pada tahun 2021 secara global dan ke-20 di Amerika Serikat, menurut situs informasi TrackingSharks.com. Ini satu-satunya laporan publik tentang gigitan hiu putih besar di California.

Sebagian besar serangan hiu di Amerika Serikat terjadi di Florida (14 kasus) dan Hawaii (lima kasus). Lima serangan yang fatal atau berujung kematian pernah terjadi di luar Amerika Serikat.

Baca Juga: Tulang-Tulang 3.000 Tahun Jadi Bukti Tertua Kasus Manusia Digigit Hiu