Kejadian Kosmik Baru, Lubang Hitam yang Menelan Bintang Neutron

By Fikri Muhammad, Rabu, 30 Juni 2021 | 08:00 WIB
Rasa baru dari tumbukan mencakup satu lubang hitam dan satu bintang neutron, menjadikannya semacam campuran. Penggambaran seniman tentang penggabungan lubang hitam dan bintang neutron yang menampilkan gangguan pasang surut. (Kredit gambar: Visualisasi: T.Dietrich, N.Fischer, S.Ossokine, H.Pfeiffer, T. Vu; Simulasi: V.Chaurasia, T. Dietrich) ()

Nationalgeographic.co.id—Setelah lebih dari empat tahun menjelajahi kumpulan kejadian kosmik melalui gelombang gravitasi, para ilmuwan akhirnya menemukan jenis tabrakan ketiga yang diharapkan.

Rasa baru dari tumbukan mencakup satu lubang hitam dan satu bintang neutron, menjadikannya semacam campuran. 

Para ilmuwan telah mengamat lusinan penggabungan pasangan lubang hitam, dan beberapa penggabungan pasangan bintang neutron. Tetapi tabrakan antara lubang hitam dan bintang neutron belum terdeteksi secara pasti sebelumnya.

Sekarang, para peneliti mengatakan bahwa mereka telah mengamati riak unik dalam ruang  dan waktu yang disebabkan oleh tabrakan keduanya.

"Dengan penemuan baru penggabungan bintang neutron-lubang hitam di luar galaksi kita, kami telah menemukan jenis biner yang hilang," kata Astrid Lamberts, peneliti CNRS di Obervatoire de  la Côte d'Azur di Prancis, dalam sebuah pernyataan. "Kami akhirnya dapat mulai memahami berapa banyak dari sistem ini yang ada, seberapa sering mereka bergabung, dan mengapa kami belum melihat contohnya di Bima Sakti."

"Kami akhirnya dapat mulai memahami berapa banyak dari sistem ini yang ada, seberapa sering mereka bergabung, dan mengapa kami belum melihat contohnya di Bima Sakti."