Fosil Tumbuhan Tertua di Afrika Ungkap Sejarah Kehidupan di Bumi

By Utomo Priyambodo, Selasa, 29 Juni 2021 | 18:50 WIB
Fosil tumbuha tertua yang ditemukan di benua Afrika. (Cyrille Prestianni)

Baca Juga: Tragedi Hancurnya Pusparagam Kehidupan di Bumi

Nationalgeographic.co.id—Para peneliti menemukan fosil tumbuhan tertua di Afrika yang pernah tercatat sejauh ini. Analisis fosil tumbuhan yang sangat tua yang ditemukan di Formasi Baviaanskloof di Bendungan Impofu di Provinsi Eastern Cape di Afrika Selatan itu mengungkapkan tumbuhan ini berasal dari periode Devon Bawah.

Fosil tumbuhan ini menunjukkan adanya transisi dari lingkungan tandus ke lingkungan hijau yang kita lihat sekarang ada di planet Bumi. Laporan studi atas temuan fosil tumbuhan purba ini telah dipublikasikan di jurnal Scientific Reports pada 4 Juni 2021.

Cyrille Prestianni, ahli paleobotani dari Evolution and Diversity Dynamics Laboratory (EDDy Lab) di University of Liège (Belgia), merupakan salah satu peneliti dalam studi ini. Ia mencatat penghijauan benua-benua, atau disebut juga sebagai terestrialisasi, tidak diragukan lagi merupakan salah satu proses terpenting yang telah dialami planet kita.

Untuk sebagian besar sejarah Bumi, benua-benua pada awalnya tidak memiliki kehidupan makroskopik. Namun sejak periode Ordovisium atau 480 juta tahun yang lalu, ganggang hijau secara bertahap beradaptasi dengan kehidupan di luar lingkungan perairan.