Wally Funk, Nenek Berusia 82 Tahun Akan Jelajahi Luar Angkasa

By Utomo Priyambodo, Jumat, 2 Juli 2021 | 19:34 WIB
Mary Wallace "Wally" Funk (lahir 1 Februari 1939) adalah seorang penerbang Amerika. Dia adalah penyelidik keselamatan udara wanita pertama untuk Dewan Keselamatan Transportasi Nasional, instruktur penerbangan sipil wanita pertama di Fort Sill, Oklahoma, dan inspektur Badan Penerbangan Federal wanita pertama, serta salah satu dari Mercury-13. (HEADTOPIC UK)

Nationalgeographic.co.idWally Funk, seorang wanita penerbang yang sudah berusia 82 tahun. Dia akan bergabung dengan Jeff Bezos dan saudaranya dalam penerbangan luar angkasa berawak pertama dari perusahaan luar angkasa swasta Bezos, Blue Origin. Penerbangan ke luar angkasa tersebut rencananya dilakukan pada 20 Juli 2021.

Jeff Bezos mengumumkan rencana tersebut melalui sebuah video di Instagram, Kamis, 1 Juli 2021. Perjalanan selama 11 menit itu akan membawa Bezos dan rekan-rekannya meluncur sekitar 60 mil lurus ke atas ke ruang suborbital sebelum kembali ke Bumi.

Funk sendiri adalah pilot berpengalaman yang merupakan bagian dari Mercury 13, sekelompok wanita yang lulus pengujian astronaut yang ketat. Salah satu tahap dari pengujian tersebut adalah pemeriksaan fisik. Gendang telinga mereka dibekukan untuk melihat bagaimana mereka menangani vertigo. Lalu mereka juga dites dengan kondisi kekurangan sensorik dan tes latihan pernapasan.

Pengujian pada tahun 1960-an itu didanai secara pribadi dan tidak diadakan melalui NASA. Meskipun lulus tes dan kesaksian kepada Kongres dan otoritas NASA, para wanita itu tidak diizinkan mengikuti program astronaut resmi Amerika Serikat. Keputusan itu akhirnya bermuara pada fakta bahwa NASA mengharuskan astronaut merupakan lulusan program pilot uji jet militer, dan wanita tidak diizinkan dalam program pelatihan Angkatan Udara pada saat itu.