Temuan Makam Ungkap Kehidupan Pekerja Piramida di Mesir Kuno

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 3 Juli 2021 | 14:00 WIB
Kuburan pembangun piramida ditemukan oleh seorang turis pada tahun 1990. (Historical Eve)

Nationalgeographic.co.id—Mesir merupakan salah satu negara tertua di dunia dengan tingkat peradaban yang sangat tinggi. Hal ini terbukti dari sejumlah peninggalan sejarah yang terdapat di negeri yang dijuluki 1000 menara tersebut.

Dari sekian banyak peninggalan peradaban Mesir kuno, piramida lah yang saat ini masih kokoh. Seperti diketahui, piramida adalah sebuah keajaiban teknik arsitektur. 

Sosok dibalik pembangunan piramida masih menjadi misteri. Namun hasil penelitan para ilmuwan dan arkeologi menunjukan berdasarkan bahan baku yang digunakan dan asal bahan baku tersebut diambil, bahwa pembuat piramida adalah buruh pekerja.

Dugaan ini semakin menguat usai sebuah ditemukan sebuah pekuburan pada bulan April 1990. Di sana juga terdapat sejumlah lubang kecil. Di dalamnya terdapat tulang-belulang yang diyakini sebagai pekerja piramida. Hal ini ditemukan secara tidak sengaja kuda seorang turis yang berlari kencang di sebuah bukit di selatan Sphinx Agung tersandung pada struktur bata setengah terkubur yang menarik perhatian arkeolog Mark Lehner.

Pemakaman pembangun piramida juga sangat dekat dengan area habitat yang luas yang diidentifikasi sebagai kota tempat para pekerja piramida tinggal.