Akhirnya, Astronaut Tiongkok Bisa 'Spacewalk' di Stasiun Baru Mereka

By Fikri Muhammad, Senin, 5 Juli 2021 | 15:30 WIB
Pada 3 Juli lalu, dua dari mereka meninggalkan stasiun selama sekitar tujuh jam kerja untuk spacewalk pertama di Tiangong (Xinhua/Rex/Shutterstock) ()

Nationalgeographic.co.id—Astronot Tiongkok telah melakukan perjalanan antariksa tandem pertama dan bekerja selama tujuh jam di luar stasiun Tiangong baru di orbit sekitar Bumi. Konstruksi Tiangong merupakan langkah penting dalam program luar angkasa Tiongkok yang ambisius. 

Bulan lalu, tiga astronot meluncur untuk menjadi awak pertama stasius itu, di mana mereka akan tinggal selama tiga bulan dalam misi awak terpanjang Tiongkok hingga saat ini.

Pada 3 Juli lalu, dua dari mereka meninggalkan stasiun selama sekitar tujuh jam kerja untuk spacewalk pertama di Tiangong.  

"Kembalinya astronot Liu Boming dan Tang Hongbo yang aman ke modul inti Tianhe menandai keberhasilan penuh perjalanan ruang angkasa pertama dalam pembangunan stasius ruang angkasa negara kita," kata Badan Antariksa Berawak Tiongkok.

Tugas mereka termasuk mengangkat kamera panorama di luar modul inti Tianhe dan menguji lengan robot stasiun itu, yang akan digunakan untuk mentransfer modul di sekitar stasiun untuk masa depan.