Tata Surya Kedatangan Komet Terbesar dalam Sejarah Temuan Astronomi

By Eric Taher, Senin, 5 Juli 2021 | 19:00 WIB
Ilustrasi dari komet Bernardinelli-Bernstein, komet terbesar yang pernah ditemukan. (NOIRLab/NSF/AURA/J. da Silva)

Nationalgeographic.co.id—Pada 23 Juni 2021, astronom mengumumkan keberadaan komet terbesar yang pernah mereka temukan. Dilansir dari Space, komet ini berukuran masif, dengan lebar mencapai 100-200 kilometer, sepuluh kali lebih lebar dibandingkan komet biasa.

Komet tersebut dinamai Bernardinelli-Bernstein, sesuai dengan nama astronom yang menemukannya, Pedro Bernardinelli dan Gary Bernstein. Keduanya merupakan astronom asal University of Pennsylvania. Oleh mereka pula, komet ini secara formal dinamai C/2014 UN271.

Komet ini pertama kali diidentifikasi sebagai planet minor dari sebuah gambar yang diambil oleh proyek Dark Energy Survey (DES) pada 20 Oktober 2014. Proyek ini dilakukan melalui Dark Energy Camera (DECam) yang terpasang pada teleskop Victor M. Blanco di Cerro Tololo Inter-American Observatory, Chile.

Akan tetapi, penelitian lebih jauh selama enam tahun mengungkapkan keberadaan ekor debu. Penemuan inilah yang membuat objek ini akhirnya diidentifikasi sebagai komet oleh Bernardinelli dan Bernstein, seperti disadur dari New Scientist.