Mikroba dari Perut Sapi Bisa Bantu Daur Ulang Sampah Plastik

By Utomo Priyambodo, Senin, 5 Juli 2021 | 16:00 WIB
Para ilmuwan menemukan fakta menarik bahwa sejumlah mikroba yang ada di dalam perut sapi dapat memakan jenis plastik tertentu. (Wallpaper Safari)

 

Nationalgeographic.co.id—Para ilmuwan menemukan fakta menarik bahwa sejumlah mikroba yang ada di dalam perut sapi dapat memakan jenis plastik tertentu. Jenis-jenis plastik yang bisa dimakan oleh mikroba ini antara lain polietilen tereftalat (PET) yang digunakan dalam botol soda, kemasan makanan, dan kain sintetis.

Para ilmuwan menemukan mikroba ini dalam cairan yang diambil dari rumen, kompartemen terbesar dari perut ruminansia. Ruminansia adalah kelompok hewan berkuku, seperti sapi dan domba, yang mengandalkan mikroorganisme untuk membantu memecah makanan mereka dari vegetasi kasar. Rumen bertindak sebagai inkubator untuk mikroba ini, yang mencerna atau memfermentasi makanan yang dikonsumsi oleh sapi atau ruminansia lainnya, menurut University of Minnesota.

Para peneliti menduga bahwa beberapa mikroba yang bersembunyi di dalam rumen sapi seharusnya mampu mencerna poliester, zat yang molekul-molekul komponennya dihubungkan oleh gugus ester. Sebab, karena pola makan herbivora mereka, sapi mengonsumsi poliester alami yang diproduksi oleh tumbuhan. Poliester alami itu disebut sebagai kutin.