Elang Terbesar di Dunia Sedang dalam Bahaya karena Penggundulan Hutan

By Utomo Priyambodo, Selasa, 6 Juli 2021 | 21:15 WIB
Elang harpy, elang terbesar di dunia. (cuatrok77/Flickr)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa elang terbesar di dunia sedang berjuang keras untuk bisa memberi makan anak-anaknya di hutan Amazon yang sudah sangat gundul. Laporan SciTechDaily menyatakan bahwa spesies elang terbesar di dunia, yang disebut elang harpy atau Harpia harpyja. itu bergantung pada mangsa tertentu yang hidup di hutan kanopi, termasuk kungkang dan monyet.

Everton Miranda, peneliti dari Centre for Functional Biodiversity di School of Life Sciences, University of KwaZulu-Natal, bersama rekan-rekannya menemukan bahwa elang-elang itu sedang kelaparan di daerah yang tingkat penggundulan hutannya sangat tinggi. Sebab, makanan mereka berada area-area kanopi yang terbatas.

Dalam studi terbaru ini, sebagaimana dilansir Science Times, para peneliti mengamati spesies mangsa elang-elang itu dan seberapa sering mangsa-mangsa dibawa oleh elang-elang tadi. Mereka juga memperkirakan berat mangsa-mangsa  di 16 sarang elang harpy di hutan Amazon di Mato Grosso, Brasil. Dengan menggunakan kamera, mereka mengidentifikasi fragmen tulang-tulang mangsa tersebut.