Plastik dan Fosil Ayam Akan Menjadi Peninggalan Era Antroposen

By National Geographic Indonesia, Selasa, 6 Juli 2021 | 18:32 WIB
Impresi seniman tentang fosil botol plastik, kenang-kenangan dari zaman Antroposen di masa depan. (GLOBAL GIPSY/SURF TO LIVE TO SURF)

Nationalgeographic.co.id—Selama hampir dua dekade, para ilmuwan beranggapan bahwa dunia memasuki Antroposen. Antroposen adalah zaman yang bermula ketika aktivitas manusia mulai memiliki pengaruh global terhadap ekosistem Bumi, di mulai sekitar abad ke-20.

Sekelompok ilmuwan dalam Kongres Geologi Internasional di Cape Town, Afrika Selatan secara resmi mengakui periode Antroposen dimulai sekitar tahun 1950 sebagai zaman baru. Uji coba bom nuklir pada tahun 1945 menjadi tonggak awal dimulainya era Antroposen. Klaim atas era Antroposen menggarisbawahi sejauh mana spesies manusia telah mencemari alam, dan secepat apa kerusakan itu akan memburuk.

"Jika kita mampu menentukan periode waktu, sama halnya memiliki dampak yang luar biasa pada lingkungan planet. Konsep Antroposen menampung ide-ide perubahan lingkungan jadi satu," ujar Colin Waters, ahli geologi utama dalam British Geological Survey.