Petroglif Peterborough, Diyakini Jadi Pintu Gerbang ke Dunia Roh

By Hanny Nur Fadhilah, Jumat, 9 Juli 2021 | 11:00 WIB
Petroglyphs Peterborough adalah koleksi terbesar pahatan batu kuno (petroglif) di seluruh Amerika Utara. (Ancient Arigins)

Nationalgeographic.co.id— Pada zaman prasejarah sebelum manusia mengenal tulisan, berbagai cara dilakukan manusia prasejarah untuk menulis informasi yang mereka peroleh dari alam sekitar. Salah satunya dengan metode petroglyph. Jadi, petroglyph adalah gambar yang dipahat diatas batu-batu baik di dalam maupun diluar goa, dengan cara memahat atau dengan cara membubuhkan zat tertentu di atas batu.

Sebagai informasi, petroglyphs Peterborough adalah koleksi terbesar pahatan batu kuno di seluruh Amerika Utara dan terdiri atas lebih dari 900 gambar yang diukir pada batu kapur kristal di dekat Peterborough di Ontario, Kanada.

Petroglyphs Peterborough kini ditahbiskan sebagai Situs Bersejarah Nasional Kanada pada 1976. Penduduk setempat percaya bahwa imaji ini merupakan pintu gerbang ke dunia roh dan bahwa roh benar-benar berbicara kepada mereka dari lokasi ini.

Mereka menyebutnya Kinoomaagewaapkong, yang diterjemahkan menjadi "batu yang mengajar". Petroglif diukir menjadi satu lempengan batu kapur kristal yang panjangnya 55 meter dan lebar 30 meter. Sekitar 300 gambar adalah bentuk yang dapat diuraikan, termasuk manusia, dukun, hewan, simbol matahari, bentuk geometris, dan perahu.