Arkeolog Selidiki Temuan Potongan Kain Era Raja Daud di Lembah Israel

By Mahandis Yoanata Thamrin, Minggu, 11 Juli 2021 | 18:00 WIB
Pada 2016 tim arkeolog Tel Aviv University menemukan koleksi kain kuno di Lembah Arava yang berasal dari era Raja Daud, yang menyoroti sejarah mode Tanah Suci. (Tel Aviv University)

Para arkeolog menemukan sebuah koleksi kain dari era Raja Daud an Salomon di sebuah tambang tembaga kuno yang terletak jauh di dalam lembah Arava Israel.

Sebuah tim penggalian Timna dari Universitas Tel Aviv yang dipimpin oleh Dr. Erez Ben-Yosef telah menemukan potongan-potongan kain beragam warna, desain dan asal. Ini adalah penemuan pertama tekstil yang berasal dari era Daud dan Sulaiman, dan memberikan pencerahan baru tentang sejarah mode Tanah Suci. Potongan-potongan kecil kain, ada yang hanya berukuran 5 x 5 sentimeter, bervariasi dalam warna, teknik menenun, dan ornamen.

Tekstil juga menawarkan wawasan tentang masyarakat Edom awal yang kompleks, orang-orang semi-nomaden yang diyakini telah mengoperasikan tambang di Timna. Tambang tembaga kuno itu terletak jauh di Lembah Arava, Israel, yang diyakini oleh beberapa orang sebagai lokasi tambang Raja Sulaiman. Kondisi tambang yang gersang telah mengawetkan secara luar biasa dari bahan organik berusia 3.000 tahun. Tidak hanya kain, para arkeolog juga menemukan biji-bijian, kulit dan kain, dan artefak yang sangat langka lainnya yang memberikan jendela unik ke dalam budaya dan praktik periode ini.

 

 

Penggalian bengkel metalurgi di Situs 34. (Central Timna Valley Project - TAU)