Temuan Mosaik Kejadian Terbelahnya Laut Merah di Puing Sinagoga

By National Geographic Indonesia, Senin, 12 Juli 2021 | 21:51 WIB
Dalam adegan Alkitab dengan sentuhan inventif, seekor ikan besar mulai memakan seorang tentara Mesir saat Laut Merah menjebak dan menenggelamkan mereka. (Oded Balilty, AP untuk National Geographic)

 

Nationalgeographic.co.id—Di sebuah bukit di atas Laut Galilea di Israel utara, para arkeolog telah menemukan satu demi satu mosaik lantai abad kelima yang menakjubkan. Mereka mengekskavasi tapak sinagoga zaman Romawi di situs Huqoq, Israel.

Sinagoga itu didirikan selama abad ke-12 hingga ke-13, terletak di atas reruntuhan sinagoga Romawi dari abad ke-5. Di tapak tempat ibadah orang-orang Yahudi itu Mereka menemukan dua panel baru lantai mosaik yang menampilkan bahtera Nuh dan terbelahnya Laut Merah ketika orang-orang Israel keluar dari Mesir.

Saat itu, mereka telah menggali lorong timur sinagog. Mereka menemukan serangkaian gambar berisi kejadian-kejadian dalam Alkitab di serangkaian panel.

“Anda dapat melihat para prajurit Firaun dengan kereta-kereta kuda mereka tenggelam, dan bahkan dimakan oleh ikan besar,” ujar direktur ekskavasi Jodi Magness dari University of North Carolina kepada A. R. Williams yang melaporkan untuk National Geographic.