Arkeolog Italia Melakukan CT Scan terhadap Mumi Pendeta Mesir Kuno

By Utomo Priyambodo, Rabu, 14 Juli 2021 | 19:00 WIB
Tim arkeolog Italia melakukan CT scan terhadap mumi pendeta Mesir kuno. (Mummy Project)

Nationalgeographic.co.idMumi pendeta Mesir kuno yang berusia lebih dari 3.000 tahun baru-baru ini dipindahkan dari Museum of Civil Archeology yang terkenal di Bergamo, Intalia, ke rumah sakit Policlinico of Milan untuk menjalani CT scan. Para peneliti dari Mummy Project, proyek penelitian mumi bergengsi di Milan, yang melakukan CT scan tersebut berharap bisa mempelajari lebih banyak tentang kehidupan, kesehatan, dan mumifikasi pendeta kuno itu, menurut laporan berita Reuters.

Upaya CT scan tersebut merupakan pagian dari penelitian berkelanjutan yang dilakukan oleh Mummy Project, proyek jangka panjang bergengsi di Italia. CT scan dan proyek terkait mumi lainnya sedang dilakukan oleh tim ahli yang bekerja di Milan tersebut.

Tujuan utama mereka adalah untuk "memfasilitasi studi tentang sisa-sisa organik kuno dan terutama mumi manusia dan tumbuhan" dengan menggunakan teknik canggih penyelidikan medis dan forensik. "Mumi-mumi itu bisa dibilang museum biologi, mereka seperti kapsul waktu," kata arkeolog Sabina Malgora, yang merupakan direktur Mummy Project, seperti dilansir Ancient Origins.