Erotika Timur Tengah Berusia 4.000 Tahun, Lebih Tua dari Kamasutra

By Ricky Jenihansen, Jumat, 16 Juli 2021 | 20:00 WIB
gambaran hubungan seksual antara seorang wanita dan seorang pria dalam plakat terakota dari Mesopotamia, awal milenium ke-2 Sebelum Masehi. (The Israel Museum)

 

Nationalgeographic.co.id—Barangkali selama ini museum dianggap sebagai tempat yang sunyi dan berdebu, dan sangat kecil kemungkinan untuk menemukan sesuatu yang menggairahkan. Akan tetapi, di salah satu sudut di Museum Arkeologi Israel, di bagian koleksi Timur Dekat Kuno, dua plakat tembikar yang menggambarkan seni erotis yang langka.

Erotika tersebut berusia 4.000 tahun silam atau berasal dari awal milenium kedua sebelum masehi, periode Babilonia Kuno. Artinya, plakat itu dibuat 1.500 tahun sebelum Kamasutra, seni bercinta asal India. Artefak ini menunjukan bahwa budaya Babilonia Kuno memiliki pandangan "mulia" tentang seks. Artefak ini sekaligus mengungkapkan sisi lain dari budaya timur dekat kuno yang bertolak belakang dengan nilai-nilai yang lazim di Timur Tengah modern saat ini.

Timur dekat kuno adalah sebutan dalam dunia arkeologi yang merujuk pada sebutan peradaban awal di daerah Timur Tengah modern saat ini. Kawasannya meliputi Mesopotamia (Iraq dan timurlaut Syiria), Mesir Kuno, Iran kuno, Armenia, Anatolia (Turki), dan Levant (Lebanon, ISrael, Palestine, Jordan, Cyrpus dan Kreta).