Danau Cair di Lapisan Es Selatan Mars Mungkin Hanya Fatamorgana

By Fikri Muhammad, Minggu, 25 Juli 2021 | 10:00 WIB
()

Nationalgeographic.co.id—Pada 2018 pesawat ruang angkasa Mars Express dari Badan Antariksa Eropa menyelidiki tutup kutub selaran planet merah dengan instrumen Mars Advanced Radar for Subsurface and Ionosphere Sounding (MARSIS).

Pengorbit mendeteksi titik terang pada pengukuran radar, mengisyaratkan badan besar air cair di bawah 1,5 kilometer es padat yang bisa menjadi tempat tinggal organisme hidup.

Perkerjaan selanjutnya menemukan petunjuk adanya kolam tambahan di sekitar cekungan danau utama. Akan tetapi, komunitas ilmu planet selalu meragukan keberadaan danau. Pasalnya, danau membutuhkan semacam pemanasan panas bumi terus menerus untuk mempertahankan kondisi subglasial.

Di bawah es, suhu rata-rata 68° Celcius, jauh melewati titik beku air yang menurunkan titik beku air. Bahkan, jika danau adalah air asin yang mengandung garam dalam jumlah yang sehat. Kolam magma bawah tanah akan diperlukan untuk menjaga daerah tersebut tetap cair.

"Jika bukan air cair, apakah ada hal lain yang bisa menjelaskan pantulan radar terang yang kita lihat?" tanya ilmuwan planet, Carver Bierson dari Arizona State University di laman Science News.