Ovipraptor, Dinosaurus Penyayang yang Difitnah Sebagai Pencuri Telur

By Ricky Jenihansen, Senin, 19 Juli 2021 | 20:36 WIB
Ovipraptor dalam Disney's Fantasia (1940) yang dikisahkan sebagai pencuri telur. (David Krentz/Disney)

Nationalgeographic.co.id—Oviraptor, (genus Oviraptor), dinosaurus predator atau omnivora kecil bertubuh ringan yang mengerami telurnya dengan cara yang mirip dengan burung. Ditemukan sebagai fosil dalam endapan dari Periode Kapur Akhir, yaitu sekitar 100 juta hingga 65,5 juta tahun yang lalu di Asia timur dan Amerika Utara.

Oviraptor memiliki panjang sekitar 1,8 meter atau 6 kaki dan berjalan dengan dua kaki belakang yang panjang dan berkembang dengan baik. Kaki depannya panjang dan ramping, dengan tiga jari cakar panjang yang jelas cocok untuk menggenggam dan merobek.

Sejak pertama kali ditemukan, dinosaurus yang satu ini telah "difitnah" sebagai pencuri telur. Bahkan, dinosaurus kecil ini dinamai Ovipraptor yang diambil dari bahasa latin yang artinya "telur" dan "perampok" yang jika digabung menjadi perampok telur.

Ovipraptor dinamai demikian, karena saat pertama kali ditemukan dengan sisa-sisa telur yang dianggap milik Protoceratops, dinosaurus bertanduk awal. Hal itulah yang membuat dinosaurus kecil ini "dicap" sebagai pencuri hingga saat ini dan nama itu melekat.