28 Virus Kuno Berusia 15.000 Tahun dari Gletser Tibet Tidak Dikenali

By Ricky Jenihansen, Rabu, 21 Juli 2021 | 18:30 WIB
Foto Mikrograf elektron transmisi partikel virus SARS-CoV-2 oranye diisolasi dari pasien NIH. Kini, Para ilmuwan menemukan kode genetik untuk 33 virus kuno di gletser dari Dataran Tinggi Tibet, Tiongkok. (Public Domain)

 

Nationalgeographic.co.id—Para ilmuwan yang mempelajari es gletser dari Dataran Tinggi Tibet di Tiongkok telah menemukan kode genetik untuk 33 virus. Namun, 28 di antaranya adalah baru, tidak dikenali dan belum diketahui manusia saat ini.

Seperti diketahui, para peneliti telah menganalisis inti es yang diambil pada tahun 2015 dari lapisan es Guliya di Tiongkok barat. Inti tersebut dikumpulkan di dataran tinggi, puncak Guliya, tempat es tersebut berasal, 22.000 kali di atas permukaan laut.

Inti es, mengandung lapisan es yang menumpuk dari tahun ke tahun. Menjebak apapun yang ada di atmosfer di sekitarnya pada saat lapisan membeku. Lapisan-lapisan tersebut kemudian menciptakan semacam garis waktu, yang digunakan para ilmuwan untuk lebih memahami tentang perubahan iklim, mikroba, virus dan gas sepanjang sejarah.