Pendaki Disablitias Korea Selatan Meninggal di Gunung Broad Peak

By Fikri Muhammad, Rabu, 21 Juli 2021 | 23:12 WIB
Paralympian Korea Selatan itu mendaki bersama para pendaki lain pada hari Minggu, tetapi bertemu cuaca buruk dalam perjalanan. (Facebook) ()

Nationalgeographic.co.id—Pendaki dan pemain ski veteran Korea Selatan Kim Hong-Bin (57) meninggal pada Selasa lalu setelah sebelumnya dinyatakan jatuh dan hilang di Broad Peak, Karakoram Utara wilayah Pakistan, menurut Klub Alpine Pakistan. 

Paralympian Korea Selatan itu mendaki bersama para pendaki lain pada hari Minggu, tetapi bertemu cuaca buruk dalam perjalanan.

Kim jatuh ke Crevasse di sisi gunung wilayah Tiongkok, bagian dari perbatasan Pakistan dan Tiongkok. "Sisa kelompok mencarinya, tetapi tidak bisa tinggal di sana, dan harus turun," kata Karrar Haidri, kepala Alpine Club di laman Reuters

Pemain ski Rusia, Anton Pugovkin dan Vitaly Lazo, bersaksi bahwa ada sejumlah panggilan penyelamatan yang mereka respons selama 24 jam terakhir. Salah satu panggilan itu berasal dari Anastasia Runova Rusiam yang jatuh dari puncak di malam hari dan telah dievakuasi tanpa cedera serius menurut Exploresweb.