Misteri Mumi Manusia Tollund Terpecahkan Berkat Makanan Terakhirnya

By Utomo Priyambodo, Kamis, 22 Juli 2021 | 11:42 WIB
Manusia Tollund (Tollund Man), mumi yang terawetkan dengan baik secara alami. (NationalGeographic.com)

Nationalgeographic.co.id—Para penemu Manusia Tollund atau Tollund Man awalnya mengira mumi itu adalah korban pembunuhan baru-baru ini. Sebab, ketika Manusia Tollund ditemukan di sebuah rawa di Denmark pada 71 tahun yang lalu, tubuhnya sangat terpelihara dengan baik.

Barulah para arkeolog yang memeriksanya kemudian mengungkapkan bahwa dia telah dilemparkan ke dalam rawa tersebut hampir 2.400 tahun yang lalu. Mereka juga mengungkapkan bahwa Manusia Tollund telah digantung. Ada tali kulit binatang anyaman yang masih melingkari lehernya.

Penataan tubuh dan wajah Manusia Tollund ini tampak hati-hati. Matanya yang tertutup dan senyum tipisnya menunjukkan bahwa dia mungkin telah dibunuh sebagai pengurbanan manusia, alih-alih dieksekusi mati sebagai penjahat.

Dugaan bahwa Manusia Tollund dibunuh sebagai pengurbanan manusia kini telah diperkuat oleh penelitian tentang makanan terakhirnya. Hasil penyelidikan terperinci mengenai isi saluran pencernaannya mengungkapkan bahwa makanan terakhir Manusia Tollund adalah bubur jelai, rami, dan persikaria pucat.