Rusia Luncurkan Modul Baru Untuk Stasiun Luar Angkasa Internasional

By Ricky Jenihansen, Kamis, 22 Juli 2021 | 14:00 WIB
Modul Nauka sedang dipersiapkan untuk diluncurkan (Roscosmos)

Nationalgeographic.co.id—Setelah lebih dari satu dekade tertunda, Rusia akhirnya bersiap meluncurkan modul baru untuk Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Modul Nauka diatur untuk lepas landas dari Baikonur Cosmodrome di Kazakhstan menggunakan roket Proton-M sekitar pukul 15.00 GMT atau sekitar pukul 22.00 WIB pada 21 Juli 2021.

Modul Nauka juga akan membawa lengan robot baru untuk stasiun yang dibuat oleh Badan Antariksa Eropa. Seperti diketahui, ISS terdiri dari modul dan peralatan dari berbagai badan antariksa termasuk Eropa, Jepang dan Kanada. Akan tetapi, sebagian besar stasiun terdiri dari dua bagian utama, segmen Rusia dan segmen AS.

Dengan panjang 13 meter dan berat lebih dari 20 ton, Nauka yang juga disebut Modul Laboratorium Serbaguna, akan menjadi salah satu yang terbesar di separuh wilayah Rusia di stasiun tersebut, seperti dilansir new scientist.

Setelah diluncurkan, Nauka akan membutuhkan waktu delapan hari untuk mencapai ISS. Setelah terpasang, itu akan bertindak sebagai pusat baru untuk segmen stasiun Rusia. "Ini adalah laboratorium sains, dan juga menyediakan banyak sistem layanan penting," kata Anatoly Zak, editor situs web RussianSpaceWeb.com.